BTemplates.com

Search This Blog

Powered by Blogger.

Thursday, April 16, 2020

4 Aplikasi untuk Bayar Zakat Online



4 Aplikasi untuk Bayar Zakat Online - Dalam membayar zakat, biasanya kita perlu melakukan sholat sebagai tanda terima dari sedekah yang telah kita berikan. Apakah sholat ini wajib atau sunnah? Lalu, bagaimana dengan amal online yang langsung membayar melalui dunia maya tanpa bertemu dengan amilnya? Berikut ini adalah penjelasan hukum zakat online beserta kewajibannya dan sunnahnya.

4 Aplikasi untuk Bayar Zakat Online

Sedekah Online Tepat pada Target
Persepuluhan harus tepat sasaran. Dalam Surat At Taubah: 60 dijelaskan bahwa ada 8 (delapan) orang yang berhak menerima zakat dan Bayar Zakat Online, seperti Fakir, Miskin, Amil, Riqab, Gharim, Mualaf, Fissabillillah, dan Ibn Sabil.

Di Indonesia, delapan kelompok orang ini tidak hanya ditemukan di satu wilayah, tetapi juga dari Pulau Sumatra Barat hingga Papua Timur. Jika kita dapat membantu mereka yang ada di dekat kita, lalu bagaimana dengan teman-teman kita di Timur dan Barat di sana?

Keempat bidang tersebut bertujuan untuk mendistribusikan zakat kepada delapan penerima zakat sesuai dengan tujuannya. Karena jika diberikan tanpa tujuan, zakat akan sia-sia. Selain menjalani kewajiban melaksanakan puasa, umat Islam juga diharuskan membayar zakat fitrah bagi orang yang membutuhkan.

Memasuki era digital, ada sejumlah startup yang membuat aplikasi yang memudahkan orang membayar zakat online tanpa harus datang ke masjid. Berikut adalah lima aplikasi yang menyediakan layanan pembayaran online untuk zakat berbasis iOS dan Android :

Dana
Di bulan Ramadhan, FUN menciptakan fitur baru yaitu Zakat & Sumbangan. Fitur ini adalah hasil kolaborasi antara DANA dan Yayasan Dompet Dhuafa untuk menyediakan layanan zakat dan menyumbang secara digital.

Apa Aplikasi untuk Bayar Zakat Online?

Khusus untuk distribusi donasi, DANA dan Dompet Dhuafa menyediakan beberapa opsi untuk dipilih. Opsi-opsi ini termasuk sumbangan untuk 10.000 hadiah Idul Fitri, air seumur hidup, sekolah tanpa batas, beasiswa untuk negara, membebaskan kekurangan gizi dan membantu orang-orang cacat. Masyarakat juga dapat melakukan zakat dan sumbangan melalui kode QR yang dapat dipindai menggunakan teknologi pemindaian yang tersedia dalam aplikasi dompet digital DANA.

Kitabisa
Zakat dibayar melalui penerapan Kitabisa, zakat akan didistribusikan ke sejumlah mitra Kitabisa seperti Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAZ), Dompet Dhuafa, Respon Tindakan Cepat Zakat Global, LAZISNU-NU CARE, dan Rumah Zakat.

Untuk pengguna yang sudah memiliki akun Kitabisa, ada menu yang mengatakan 'Ketuk Zakat' lalu pilih lembaga mitra Zakat Kitabisa, klik Zakat langsung.

Misalnya, pilih mitra zakat BAZNAZ, klik Buat Zakat lalu isi zakat nominal yang akan dibayar dan pilih metode pembayaran.

Amalin
Melalui Amalin, zakat yang dibayar oleh pengguna akan didistribusikan ke sejumlah organisasi pemberdayaan masyarakat, layanan untuk kaum miskin, propaganda dan advokasi zakat. Aplikasi ini juga menawarkan opsi zakat seperti penambangan zakat, zakat emas, zakat perdagangan, zakat pertanian atau perkebunan, zakat properti, dan zakat profesi.

Sebelum melakukan pembayaran zakat, pengguna dapat terlebih dahulu menghitung jumlah zakat menggunakan Kalkulator Zakat. Setelah itu, pengguna dapat segera membayar zakat dan memilih metode pembayaran.

Blibli Zakat
blibli tidak hanya digunakan untuk membeli barang, selama bulan Ramadhan Tokopedia menyediakan layanan pembayaran zakat dalam aplikasi. Mirip dengan Kitabisa, Tokopedia juga bekerja sama dengan sejumlah badan zakat seperti BAZNAZ, Dompet Dhuafa, LAZISNU-NU CARE dan Rumah Zakat. Itulah Aplikasi untuk Bayar Zakat Online. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment