BTemplates.com

Search This Blog

Powered by Blogger.

Friday, November 20, 2020

Mengulas 3 Jenis Terapi untuk Perawatan Pasca Stroke


Ketika terserang stroke maka langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan perawatan pasca stroke. Hal tersebut akan dapat memberikan berbagai macam keuntungan untuk mengembalikan atau setidaknya bisa mengajarkan hal dasar pada pasien. Sehingga dengan berbagai layanan yang dilakukan akan dapat untuk meningkatkan kualitas hidup dari pasien stroke. Adapun untuk beberapa jenis dari perawatan yang bisa dilakukan pada pasien setelah terserang stroke adalah:

 

Mengulas 3 Jenis Terapi untuk Perawatan Pasca Stroke

  1. Aktivitas fisik

Jenis terapi pertama yang dapat dipilih adalah dengan melakukan berbagai aktivitas fisik. Hal yang dapat dilihat dari kondisi setelah mengalami serangan stroke adalah mempunyai kemampuan fisik yang berkurang atau bahkan hilang sama sekali. Oleh karena itulah pasien perlu untuk mengembalikan hal tersebut. Terapi yang pertama dapat dipilih adalah dengan melakukan berbagai aktivitas fisik. Pilihlah aktivitas yang tepat dan sesuai dengan kondisi yang dipunyai oleh pasien stroke. Sehingga dengan melakukan terapi ini secara rutin akan dapat meningkatkan kemampuan fisik yang dipunyai pasien. Misalnya saja untuk jenis terapi yang dapat dipunyai adalah dengan aktivitas fisik seperti berikut ini:

 

·         Aktivitas fisik pertama yang dapat dipilih adalah latihan fungsi motorik. Dimana untuk latihan ini akan mempunyai manfaat untuk dapat memaksimalkan kemampuan dan kekuatan otot yang dipunyai. Hal ini juga akan bermanfaat untuk membantu koordinasi otot yang hilang sehingga bisa meningkat. Dengan melakukan latihan fisik untuk fungsi motorik ini akan dapat memberikan berbagai keuntungan hal dasar yang diperlukan untuk membantu kehidupan sehari-hari. Mulai dari menelan makanan hingga dapat membantu berjalan.

·         Latihan mobilisasi merupakan terapi selanjutnya yang dapat dipilih. Dimana terapi ini akan membantu untuk membuat pasien lebih familiar dengan alat bantu yang akan digunakan. Dengan terapi ini akan membuat pasien bisa menggunakan kursi roda atau tongkat.

·         Terapi range of motion merupakan terapi selanjutnya yang mempunyai fungsi untuk meregangkan otot yang kaku.

 

  1. Terapi dengan bantuan teknologi

Terapi selanjutnya yang dapat dipilih adalah dengan memanfaatkan perkembangan jaman. Sekarang ini ada banyak jenis fasilitas dan alat yang tersedia untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah alat yang juga bisa dimanfaatkan untuk terapi pasca mengalami serangan stroke. Sehingga dengan menggunakan bantuan teknologi ini akan dapat memaksimalkan hasil yang dipunyai.

 

Adapun untuk jenis terapi menggunakan bantuan teknologi yang ada adalah:

 

·         Terapi pertama adalah menggunakan stimulasi listrik. Terapi ini merupakan cara yang bisa didapatkan di banyak fasilitas rehabilitasi stroke. Kegunaan dari alat ini adalah dapat untuk merangsang kontraksi otot yang lemah karena serangan stroke. Dengan menggunakan alat ini akan dapat untuk memicu memori yang lemah dan hilang setelah serangan.

·         Teknologi robotik merupakan alat selanjutnya yang bisa dimanfaatkan yang mempunyai manfaat untuk membantu anggota gerak. Sehingga dengan menggunakan teknologi ini akan dapat membuat anggota tubuh menjadi lebih kuat.

 

  1. Terapi emosi dan kognitif

Terapi penting selanjutnya yang bisa menjadi perawatan setelah stroke adalah terapi emosi dan kognitif. Adapun untuk jenis terapi yang bisa didapatkan adalah:

 

·         Terapi kognitif merupakan terapi yang akan dapat membuat kemampuan gerak, fungsi syaraf, dan juga kemampuan kognitif otak. Dengan terapi ini akan membantu masalah yang bisa terjadi pasca stroke sehingga akan membuat kualitas hidup penderita lebih baik.

·         Terapi komunikasi mempunyai fungsi untuk dapat membantu pasien yang kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi.

·         Evaluasi psikologis juga dibutuhkan sehingga pasien tidak mengalami depresi dan bisa menaikkan semangat yang dipunyai.

0 comments:

Post a Comment